Skip to main content

Benzoyl Peroxide Sebagai Obat Jerawat


Kamu pejuang jerawat? Masih bingung cari produk anti jerawat yang ampuh? Tapi masih belum tahu harus ikut yang mana? Takut coba - coba? Takut jerawat makin parah ? 

Nah, ini adalah salah satu produk ampuh penghilang jerawat loh. Bukan sekedar omongan atau sales marketing dari produk tersebut yah 😆
Semua berawal ketika melanjutkan studi di sebuah kota yang cuacanya lumayan panas. Yup! Kota Surabaya. Walaupun musim hujan, kota ini sepertinya tetap mempertahankan panasnya matahari. Cuaca dan air di kota ini menjadi faktor yang menyuburkan pertumbuhan jerawat di seluruh muka. Tipe kulitku cenderung oily dan acne prone skin. Fyi, sebelum mencari obat jerawat lebih baik cari tahu penyebab jerawat dan tipe kulitmu ya.

Di tengah - tengah kebingungan mencari solusi, ada salah satu youtuber yang menyarankan untuk melihat website www.acne.org yang membahas mengenai semua hal tentang jerawat. Mulai dari mengenali macam-macam jerawat sampai bahan serta produk apa yang cocok untuk kulit yang rentan berjerawat. Disana juga menjual produk yang bisa kalian beli. Salah satu produk yang diakui ampuh untuk menghilangkan jerawat adalah benzoyl peroxide.

Apa itu benzoyl peroxide ?
Benzoyl peroxide adalah bahan aktif yang dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat dan dapat membuka pori - pori yang tertutup.[1] Menurut salah satu artiket di female daily [2] , bahan ini merupakan bahan kimia yang cukup keras yang digunakan sebagai pemutih baju.

Apakah benar - benar efektif ?
Benzoyl peroxide ini telah terbukti efektif setelah diuji cobakan kepada 200 pasien di Singapura. [3] Pada uji coba tersebut, dosis yang digunakan adalah benzoyl peroxide 2.5% dan 5%. Tapi kembali lagi pada kulit masing - masing dan penggunaan dosis yang tepat. Oleh karena itu, apabila ingin mencoba cobalah dari dosis yang paling kecil terlebih dahulu.

Apa saja efek sampingnya ?
Berdasarkan pengalaman sendiri dan beberapa orang, efek samping yang diakibatkan dari penggunaan bahan ini adalah kulit semakin kering sampai terkelupas sehingga rentan terhadap cahaya matahari. Sangat dianjurkan menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi selama pemakaian benzoyl peroxide. Pemakaian dengan dosis yang terlalu banyak dapat menyebabkan iritasi dan dehydrated skin. Yang paling parah adalah menambah jumlah jerawat yang biasanya akibat tidak disertainya pemakaian pelembap yang cukup. Bertambahnya jerawat juga termasuk salah satu efek purging yang ditimbulkan oleh bahan ini. Menurut saya, ini adalah wajar karena ada beberapa jerawat yang ada di bawah kulit dan tidak keluar ke permukaan.

Ada keuntungannya apa tidak sih pakai benzoyl peroxide ?
Tentu saja ada. Kulit bersih dari jerawat yang tampak maupun yang tidak. Selain itu berdasarkan pengalaman pribadi, permasalahan kulit seperti bekas - bekas jerawat juga bisa hilang akibat kulit yang terkelupas sebagai bentuk dari efek samping penggunaan benzoyl peroxide.

Apa saja produk yang wajib digunakan berbarengan dengan benzoyl peroxide ?
Selama menggunakan benzoyl peroxide, saya menggunakan 3 produk di bawah ini agar kinerjanya efektif mengatasi masalah jerawat. Boleh diikuti atau mencari produk yang hampir sama ya. Ketiga produk tersebut adalah :
  1. Sabun cuci muka yang mild dan kalau bisa yang tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau busa. Contoh : Cetaphil Gentle Cleanser
  2. Moisturizer yang benar - benar melembapkan kulit untuk mencegah dehydrated skin sehingga dapat mempertahankan kelembapan kulit selama pemakaian benzoyl peroxide.
  3. Sunscreen dengan SPF tinggi untuk mencegah kulit iritasi. Contoh : Skin Aqua UV moisture Milk dengan SPF 50 PA+++

Bagaimana cara menggunakan benzoyl peroxide yang tepat ?
Pada video di bawah ini bisa dilihat bagaimana penggunaan benzoyl peroxide yang tepat menurut website acne.org [4] . Saya pun dulu mengikuti step by step yang ditunjukkan pada video tersebut.

Beli dimana nih ?
Kalian bisa beli di apotik - apotik terdekat yah seperti century, K24, guardian, dan lain - lain. Tapi ingat belilah dengan dosis yang paling kecil terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa contoh benzoyl peroxide yang dijual di pasaran.
Foto benzoyl peroxide yang dijual di apotik yang pernah saya beli
Foto benzoyl peroxide yang dijual di online shop atau jastip luar negeri

Untuk dokumentasi berupa foto - foto saya selama berjerawat sampai sembuh sayangnya tidak ada. Jadi, kalian boleh percaya atau tidak ya. Itu tergantung dari kalian. Apakah ini efektif untuk kulit berjerawat kalian? Hmm.. Saya bukan dokter kulit dan skin expert yah yang bisa menjamin efektifnya. Menurut saya, menemukan skincare yang cocok untuk masalah kulit itu harus trial dan error. Coba dan amati apakah cocok dengan kulit kamu atau tidak. Selamat mencoba ! 💪😆

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Ada Tuhan Diantara Dilan dan Milea

Seperti kisah Dilan dan Milea indah dan setiap kenangannya begitu indah. Namun, apa daya kita ketika Tuhan sudah berkata "tidak", seindah apapun rasa kala itu semua akan menjadi bagian masa lalu yang bernama kenangan. Kenangan yang tersimpan di dalam memorimu yang nantinya bisa saja kamu lupakan karena tertumpuk dengan kenangan yang baru bersama yang lain. Di kala aku yang sudah menginjak usia 28 tahun ini, aku diharuskan melangkahkan kakiku menuju lembaran baru kehidupan yaitu pernikahan. "Kamu mau nikah sama siapa? Temanmu ituloh anaknya sudah 2. Tetangga kita itu anaknya sudah sekolah SD. " dan bla bla bla.. Itu saja yang ditanyakan ibuku saat menelponku sebelum menanyakan kabarku. Kadang aku berpikir kabar anaknya itu ditentukan dari kepastianku kapan aku menikah. Aku tidak bisa menyalahkan itu semua. Aku sadar wanita semakin tua semakin rentan dan beresiko saat melahirkan. Mungkin itu yang ibuku takutkan sebenarnya. Takut kehilangan anak perempuan satu - satuny

5 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Bosan

Siapa sih yang tidak pernah bosan ketika setiap hari melakukan kegiatan yang sama terus - menerus? Kalau rasa bosan ini tidak segera diselesaikan, kamu bisa menjadi stres dan mengganggu kegiatan harian kamu. Bisa juga berdampak buruk pada hubungan kamu dengan orang disekitarmu loh. Kok bisa? Karena ketika bosan menjadi stres, maka kamu akan semakin cepat emosi. Berikut ini ada 5 hal yang bisa kamu lakukan saat kamu sedang bosan. 1. Main games Ini adalah salah satu cara menghilangkan bosan yang murah dan cepat. Main games bisa kamu lakukan dimana saja selama kamu sedang ada waktu bebas seperti jam makan siang, menunggu jemputan, atau ketika sudah pulang ke rumah. Selain itu, ini main games juga murah selama games yang kamu mainkan tidak berbayar dan kamu tidak membeli item apapun untuk bermain. Salah satu games yang sedang banyak diminati oleh orang - orang saat ini adalah Player Unknown's Battleground (PUBG). Permainan ini diminati karena selain permainannya yang cukup men